Menikmati Laut Karimun Jawa

  • -

Menikmati Laut Karimun Jawa

Category : Travel

IMG_2859

Have you heard about Karimun Jawa Island? Mungkin jika pertanyaan itu dilontarkan sekarang, banyak sekali orang yang menganggukkan kepala. Dan mungkin banyak dari mereka yang sudah pernah mengunjungi kepulauan yang terletak di utara Jawa Tengah tersebut. Tapi bagaimana jika pertanyaan tersebut dilontarkan dua atau tiga tahun yang lalu. Mungkin hanya sedikit yang tahu.

Aku sendiri mulai mengenal Karimun di sekitar pertengahan tahun 2014 dari cerita seorang teman yang habis melancong kesana. Cukup aneh memang, karena nama Karimun Jawa sendiri sebenarnya cukup akrab denganku sejak kecil. Kebetulan di komplek perumahan tempat aku tinggal semasa remaja, ada sebuah blok yang diberi nama Jalan Karimun Jawa, dan blok ini hanya selisih dua blok dengan rumahku.

Sejak dua tahun terakhir ini, nama pulau yang masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara ini mulai naik daun, seiring dengan maraknya forum-forum di dunia maya, terlebih yang membahas tentang wisata domestik Indonesia.

Dan setahun terakhir ini, nama Karimun semakin menggema. Ini dibuktikan dengan banyaknya agen wisata yang menawarkan paket wisata ke Karimun dengan harga ala backpacker alias murah meriah. Promo besar-besaran mereka lakukan melaui media seperti kaskus dan situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Banyaknya promo tersebut membuatku semakin ngiler dan mupeng. Terus terang, sejak perkenalan pertama dengan Karimun tersebut, aku langsung jatuh cinta pada Karimun. Mendengar cerita dan melihat di foto-foto yang menunjukkan bagaimana beningnya air laut di Karimun, keindahan taman laut yang tersimpan didalamnya serta julukan pearl of the northern java membuatku ingin segera pergi kesana.

Dan kesempatan itu, akhirnya datang juga. Setelah penantian panjang selama dua tahun, akhirnya aku jadi juga pergi ke Karimun tanggal 14 17 Mei 2011 yang lalu. Sayang sekali, aku tidak berhasil membujuk istriku untuk turut serta. Bayangan perjalanan yang jauh dan memakan waktu yang lama membuat istriku awang-awangen untuk berangkat. Jadinya, lagi-lagi, dynamic duo Surya dan Aris-lah yang akan berpetualang kali ini.
Beberapa persiapan kami lakukan sebelum keberangkatan. Meski letaknya masih di Indonesia, tetapi karena aksesnya yang sulit dan rencana wisata yang akan sering berpanas-panas ria dan berenang, maka persiapan serius harus dilakukan.